Dukung Sektor Industri Kakao Indonesia, Zulhas Buka Pameran Cocoa Village di Singapura

0
167
Dukung Sektor Industri Kakao Indonesia, Zulhas Buka Pameran Cocoa Village di Singapura
Dukung Sektor Industri Kakao Indonesia, Zulhas Buka Pameran Cocoa Village di Singapura (Dok Foto: Kemendag)
Pojok Bisnis

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan di sektor industri kakao, terutama para petani dan pelaku usaha yang telah berperan penting dalam kemajuan industri tersebut. Mendag Zulkifli menegaskan komitmennya untuk terus bersinergi dengan seluruh pihak guna mendukung pengembangan industri kakao yang berkelanjutan.

Hal ini diungkapkan Mendag Zulkifli saat meresmikan pameran internasional bertajuk “Cocoa Village” di Singapura, Kamis (12/9). Pameran tersebut merupakan bagian dari acara Cocoa Association of Asia-International Cocoa Conference Exhibition (CAA-ICCE) 2024 yang berlangsung pada 12-13 September 2024 di Raffles City Convention Center, Singapura.

“Diharapkan pameran ini dapat mendorong kesejahteraan petani kakao serta menjadi wadah kolaborasi internasional untuk menghadapi tantangan yang ada di sektor kakao,” ungkapnya.

Tantangan Global dalam Industri Kakao

Mendag Zulkifli juga menyoroti masalah penurunan produksi kakao global akibat hama, penyakit, perubahan iklim, serta usia tanaman yang sudah tidak produktif. Hal ini turut berpengaruh pada lonjakan harga kakao dunia. Selain itu, regulasi baru dari Uni Eropa terkait Produk Bebas Deforestasi (European Union Deforestation-free Products Regulation/EUDR) yang akan berlaku akhir 2024 menjadi tantangan lain bagi industri kakao.

PT Mitra Mortar indonesia

“Kerja sama seluruh pihak di industri kakao sangat penting untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut,” tambahnya.

Setelah membuka pameran, Mendag Zulkifli berdiskusi dengan para petani kakao Indonesia yang turut hadir di CAA-ICCE 2024. Dalam diskusi tersebut, para petani berharap pemerintah dapat memberikan dukungan untuk meningkatkan produktivitas serta produksi kakao nasional demi kesejahteraan mereka.

Peresmian Cocoa Village dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Chairman CAA Elie Fouché, Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar RI di Singapura Sulistijo Djati Ismojo, Direktur Eksekutif International Cocoa Organization Michele Arrion, Ketua Umum Dewan Kakao Indonesia (Dekaindo) Soetanto Abdoellah Soeparto, dan Ketua Umum Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo) Arief Susanto.

Partisipasi Internasional di Cocoa Village

Mendag Zulkifli didampingi oleh sejumlah pejabat Kementerian Perdagangan, antara lain Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional Bara Khrisna Hasibuan, Direktur Perundingan Antar Kawasan dan Organisasi Internasional Reza Pahlevi Chairul, Kepala Biro Humas Muhammad Rivai Abbas, serta Atase Perdagangan Singapura Billy Anugrah.

Pameran Cocoa Village memamerkan berbagai produk kakao yang mengedepankan keseimbangan antara keberlanjutan dan aspek ekonomi bagi produsen serta petani. Acara ini diikuti oleh petani Indonesia dengan dukungan dari Kedutaan Besar RI di Singapura, serta sejumlah perusahaan internasional seperti Maersk, WR Carpenter, Barry Callebaut, ProColombia, Ofi, Pilot Ghana, Agridence, Access World, StoneX, Grand Palace Puratos, Koltiva, dan Givaudan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan