Inspeksi Mendadak Sri Mulyani Ungkap Kasus Impor yang ‘Viral’ di Bea Cukai Soekarno Hatta

0
144
Inspeksi Mendadak Sri Mulyani Ungkap Kasus Impor yang 'Viral' di Bea Cukai Soekarno Hatta
Inspeksi Mendadak Sri Mulyani Ungkap Kasus Impor yang 'Viral' di Bea Cukai Soekarno Hatta (Tangkapan Layar Instagram Sri Mulyani)
Pojok Bisnis

Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan inspeksi mendadak di Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta. Langkah ini diambil menyusul meningkatnya sorotan terhadap beberapa kasus impor, termasuk pungutan pajak yang tinggi atas alat pembelajaran untuk Sekolah Luar Biasa.

Dalam postingan di akun Instagramnya, terlihat beberapa gambar saat kunjungannya ke Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta pada malam Sabtu (27/4/2024). Dalam keterangan yang disampaikan, Sri Mulyani mengatakan bahwa kunjungannya bertujuan untuk membahas isu-isu terkini seputar pelayanan Bea Cukai.

Salah satu kasus yang dibahas adalah terkait impor sepatu yang dikenai bea masuk sebesar Rp31 juta dan action figure (robotik) dengan kasus serupa.

Menurut Menteri Keuangan, kedua kasus tersebut menunjukkan adanya indikasi bahwa harga yang dilaporkan oleh perusahaan jasa titipan (PJT) lebih rendah dari seharusnya, yang mengarah pada praktik under invoicing. Petugas Bea Cukai telah melakukan koreksi terhadap bea masuk dan pajaknya untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

PT Mitra Mortar indonesia

Sementara itu, kasus lain terkait pengiriman keyboard sebanyak 20 buah untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) yang tertahan di Bea Cukai juga dibahas. Pengiriman tersebut sebelumnya dilaporkan sebagai barang kiriman pada 18 Desember 2022.

Namun, karena proses pengurusan tidak dilanjutkan oleh pihak yang bersangkutan tanpa alasan yang jelas, barang tersebut kemudian ditetapkan sebagai barang tidak dikuasai (BTD). Setelah diketahui bahwa barang tersebut sebenarnya merupakan hibah, Bea Cukai akan membantu dalam proses pembebasan fiskal atas nama dinas pendidikan terkait.

Pentingnya Perbaikan Layanan Bea Cukai Menurut Sri Mulyani

Sri Mulyani juga menekankan pentingnya perbaikan layanan dan edukasi yang proaktif dari pihak Bea Cukai. Dia meminta agar Bea Cukai dapat bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait untuk memastikan pelayanan dan penanganan masalah di lapangan berjalan efisien dan memberikan kepastian kepada masyarakat.

Terakhir, Bendahara Negara juga menyoroti pentingnya kerjasama dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kinerja Bea Cukai dan Kementerian Keuangan secara keseluruhan. Sri Mulyani mengucapkan apresiasi atas dukungan yang telah diberikan untuk memperbaiki kinerja lembaga-lembaga tersebut.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan