Peningkatan Realisasi Investasi di Sektor Industri Indonesia Selama Dekade Terakhir

0
185
Peningkatan Realisasi Investasi di Sektor Industri Indonesia Selama Dekade Terakhir
Peningkatan Realisasi Investasi di Sektor Industri Indonesia Selama Dekade Terakhir (Dok Foto: https://setkab.go.id)
Pojok Bisnis

Indonesia terus menarik perhatian para investor global sebagai destinasi utama untuk ekspansi bisnis di sektor industri. Faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini adalah kebijakan strategis pemerintah, mencakup pemberian kemudahan izin dan fasilitas insentif. Dalam hal ini, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyoroti keberhasilan dan realisasi Indonesia dalam menarik investasi global selama periode 2014-2023.

Tren Positif dalam Realisasi Investasi

Selama satu dekade terakhir, sektor industri pengolahan nonmigas mengalami fluktuasi, namun secara keseluruhan menunjukkan tren peningkatan. Investor tetap melihat Indonesia sebagai destinasi menarik dan menguntungkan. Data menunjukkan lonjakan signifikan dari Rp186,79 triliun pada 2014 menjadi Rp565,25 triliun pada 2023, dengan total investasi mencapai Rp3.031,85 triliun.

Meskipun dihadapkan pada tantangan pandemi COVID-19, kepercayaan investor tetap tinggi. Investasi di sektor industri manufaktur mencatat pertumbuhan yang signifikan dari tahun 2019 hingga 2023. Ini mencerminkan ketahanan ekonomi Indonesia dan keyakinan investor terhadap prospek bisnis di tanah air.

Dukungan Hilirisasi Sumber Daya Alam

Menteri Perindustrian menyoroti kebijakan pemerintah untuk mendukung hilirisasi sumber daya alam, terutama di sektor pertambangan. Hal ini memiliki dampak positif pada pertumbuhan investasi di sektor industri manufaktur. Pemerintah konsisten dalam membangun struktur manufaktur untuk meningkatkan daya saing.

PT Mitra Mortar indonesia

Peningkatan investasi di sektor industri tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional tetapi juga pada peningkatan jumlah tenaga kerja. Meskipun terjadi penurunan pada tahun 2020 akibat pandemi, industri berhasil pulih, dan jumlah tenaga kerja terus meningkat.

Menteri Perindustrian menekankan komitmen pemerintah untuk terus mendorong hilirisasi industri. Pemerintah berharap bahwa langkah ini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pemasukan negara melalui pajak ekspor, royalti, PNBP, dan dividen. Indonesia diharapkan memasuki era baru sebagai pemain kunci dalam peta investasi global, menciptakan masa depan yang lebih makmur secara ekonomi.

Peningkatan realisasi investasi di sektor industri Indonesia merupakan cermin dari keberhasilan kebijakan pemerintah dan ketahanan ekonomi negara ini. Dengan dukungan terus-menerus terhadap hilirisasi dan pembangunan infrastruktur, Indonesia optimis memasuki era kemakmuran ekonomi yang berkelanjutan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan