Bank Mandiri Dorong Generasi Muda Berbudaya Menabung: Peran Penting dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan

0
342
Bank Mandiri
Bank Mandiri Dorong Generasi Muda Berbudaya Menabung: Peran Penting dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan
Pojok Bisnis

Bank Mandiri sekali lagi mengukuhkan peran pentingnya sebagai agen pembangunan dengan memberikan akses dan memperkenalkan layanan keuangan kepada masyarakat. Dalam rangka Hari Indonesia Menabung 2023, Mandiri telah berpartisipasi dalam mengedukasi lebih dari 15.000 pelajar di seluruh Indonesia.

Upaya ini merupakan bentuk komitmen kuat dari Bank Mandiri untuk meningkatkan budaya menabung sejak dini, yang pada akhirnya akan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan pelajar.

Evi Dempowati, SVP Retail Deposit Products and Solution di Bank Mandiri, menyampaikan bahwa langkah ini juga selaras dengan Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Program KEJAR adalah implementasi dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung. Tujuannya adalah memberikan rekening kepada pelajar di Indonesia agar budaya menabung dalam Lembaga Jasa Keuangan (LJK) formal dapat ditanamkan sejak dini.

PT Mitra Mortar indonesia

Melalui Program KEJAR ini, target inklusi keuangan sebesar 90% diharapkan dapat tercapai pada tahun 2024.

Evi menyatakan, “Budaya menabung bukan hanya kebiasaan, tetapi juga investasi untuk masa depan generasi muda.” Dengan mengamalkan budaya menabung ini, Mandiri meyakini bahwa generasi muda akan memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan dengan bijak dan membentuk masyarakat yang inklusif.

Dalam serangkaian inisiatif yang telah dilaksanakan oleh Bank Mandiri, pertumbuhan rekening Simpanan Pelajar (SimPel) semakin meningkat.

Sejak awal 2023 hingga akhir Juli 2023, jumlah rekening SimPel di Bank Mandiri telah meningkat sebanyak 41 ribu rekening. Dengan pencapaian ini, total rekening SimPel di bank ini telah mencapai lebih dari 600 ribu rekening pada pertengahan Agustus 2023.

Evi menambahkan, “Peningkatan ini terjadi di seluruh wilayah kerja Mandiri, terutama di Sulawesi, Maluku, dan Jawa Timur.” Mandiri juga telah melaksanakan serangkaian inisiatif menyambut Hari Indonesia Menabung 2023, termasuk pembukaan rekening pelajar secara besar-besaran, acara KEJAR Awards 2023, serta kegiatan Bank Goes to School/Campus.

Evi menjelaskan bahwa serangkaian kegiatan sosialisasi dan edukasi yang diadakan oleh Mandiri telah mendapatkan sambutan positif dalam hal menabung.

Bukti nyata dari hal ini adalah pembukaan sebanyak 16.000 rekening SimPel Bank Mandiri selama periode sosialisasi dari Juli 2023 hingga Agustus 2023.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan