Pascagempa, Huawei Bantu Pemulihan Jaringan Operator di Lombok

0
654
Pojok Bisnis

Berempat.com – Salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang komunikasi, Huawei memberikan bantuan dalam rangka pemulihan jaringan operator yang terganggu di Lombok. Sebelumnya, gempa berkekuatan 7 skala Richter yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8) lalu telah menghancurkan banyak infrastruktur, termasuk jaringan telekomunikasi.

General Manager Huawei Indonesia Arena Jawa Timur Syarbeni mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pemulihan jaringan telekomunikasi milik operator seluler sejak bencana gempa mengguncang Lombok.

“Kami menyadari pentingnya fungsi infrastruktur telekomunikasi dalam setiap aktivitas manajemen bencana,” ujar Syarbeni dalam rilisnya, Sabtu (12/8).

Syarbeni mengungapkan, dalam upaya tersebut Huawei mengerahkan 16 teknisi senior yang terlibat dalam 49 tim. Menurutnya, pascagempa mengguncang Lombok sebanyak 542 titik Base Tranceiver Station (BTS) dari 1.133 BTS yang didukung Huawei mengalami gangguan. Bahkan ada yang tidak berfungsi akibat terganggunya pasokan listrik.

Top Mortar gak takut hujan reels

Akibat gangguan tersebut, beberapa jaringan operator telekomunikasi lumpuh untuk sementara waktu di Lombok.

Karena itu, Huawei pun berkoordinasi internal secara intensif, juga dengan pihak operator terkait untuk membentuk satuan tugas bencana alam. Tim yang dikirim pun menerapkan sistem pelaporan berkala atas kondisi dan stabilitas jaringan yang terdampak gempa.

Tim Huawei, klaim Syarbeni, akhirnya bisa memulihkan 502 BTS dalam waktu 96 jam. Dan sampai dengan Sabtu, Huawei mengklaim bahwa 92,6% jaringan sudah beroperasi normal.

“Meski demikian, kami tetap melakukan pantauan secara berkala sebagai upaya mengantisipasi dampak serta risiko gempa susulan,” imbuh Syarbeni.

Menurut Syarbeni, Huawei saat ini memanfaatkan teknologi real-time monitoring yang dapat membantu operator memantau kondisi jaringan komunikasi saat ini. Juga agar tim dapat memastikan stabilitas jaringan dengan mudah, sekaligus membantu upaya pemulihan agar jaringan operator telekomunikasi yang terganggu dapat kembali normal.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.